,



Jelang Lebaran, motor Honda makin laris
Kontributor : luki, 29 Juni 2013

Menjelang Idul fitri, sepeda motor jenis bebek maupun skuter matic menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menemani aktivitas selama liburan. PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim, menjelang lebaran produknya semakin laris diburu.

Hal ini dibuktikan dari tingginya penjualan motor Honda jenis bebek pada Juli yang tercatat menyentuh 82.927 unit atau tumbuh 12,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 73.521 unit.

"Persaingan di pasar bebek tidak kalah seru dengan di pasar skutik. Beberapa motor bebek baru dirilis ke pasar namun sepeda motor bebek Honda tetap yang menjadi yang terfavorit menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini," kata Deputy GM Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya melalui siaran pers yang diterima merdeka.com, Sabtu (12/8).

Thomas menuturkan, pertumbuhan penjualan sepeda motor bebek Honda tersebut terjadi di semua jenis. Untuk jenis bebek kelas atas, penjualan Honda Supra series melonjak 30,4 persen dari 31.117 unit pada bulan Juni menjadi 40.563 unit pada bulan lalu.

Sedangkan untuk jenis bebek kelas menengah bawah, Honda Revo series membukukan kenaikan penjualan 20,1 persen dari 28.825 unit pada bulan Juni menjadi 34.617 unit di bulan lalu. Volume penjualan Honda Blade juga cukup besar yaitu sebanyak 7.747 unit.

Untuk jenis skuter matic, AHM berhasil meraih pangsa pasar yang jauh lebih besar dibandingkan di segmen bebek yaitu sebesar 70,1 persen setelah pada bulan lalu berhasil menjual 243.598 unit.

Pada bulan lalu, Honda BeAT series tercatat terjual 127.610 unit, Honda Spacy Helm in PGM-FI terjual 5.506 unit, Honda Scoopy terjual 7.826 unit, Honda Vario series terjual 102.284 unit, dan Honda PCX terjual 372 unit.

Pertumbuhan penjualan sepeda motor tipe sport Honda juga mengalami peningkatan. Pada bulan lalu AHM berhasil membukukan lonjakan penjualan sebesar 41,2 persen dari 12.359 unit pada bulan Juni menjadi 17.452 unit di bulan lalu.

Pertumbuhan penjualan ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen menengah, MegaPro berhasil terjual sebesar 11.350 unit atau meningkat 8,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 10.431 unit.

Untuk jenis motor sport kelas atas, Honda Tiger berhasil memikat pecinta motor sport dengan total penjualan sebesar 1.700 unit atau meningkat 27,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya 1.336 unit. Untuk Honda CBR series berhasil terjual 4.194 unit, sementara itu Honda CS1 terjual sebanyak 208 unit.

"Pencapaian menjelang libur Idul Fitri ini semakin mengukuhkan posisi Honda sebagai raja motor bebek di negeri ini dengan pangsa pasar di segmen bebek pada bulan Juli sebesar 62,8 persen," ujar Thomas.

Write A Comment