Xpander Cross Meluncur Bisa Bikin Pasar Kembali BergairahKontributor : luki, 25 November 2019
Bogor - Menjelang akhir 2019, Mitsubishi melakukan gebrakan lewat peluncuran Xpander Cross. Langkah tersebut dianggap positif dan turut diapresiasi kompetitor mereka, Toyota. Diharapkan, kehadiran Xpander Cross bisa bikin pasar kembali bergairah.
"Aktivitasnya positif. Dalam arti kata, mereka memberi pilihan baru untuk kustomer supaya industri otomotifnya jadi menarik. Karena kan sekarang market lagi susah, mau dapat 1 juta unit saja susah. Hadirnya mereka dengan varian cross, berarti ada model baru (untuk menstimulus penjualan)," ujar Executive General Manager Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, di Bogor, belum lama ini.
"Karena kalau kita bilang ada yang namanya efek pembelajaran. Jadi walau perubahan Avanza itu tidak signifikan, kita belajar dari riset konsumen, mulai dari komunitas. Terus yang kedua komersial juga kita pelajari, kebutuhan fleet seperti apa, sehingga kita punya Transmover. Dan aktivitas ini sudah lama kami jalankan," ujar Suryo.
Bicara soal market MPV, menurut Suryo ini akan tetap menjadi tulang punggung penjualan industri otomotif Indonesia, kendati tidak dipungkiri model SUV dan hatchback kini sedang naik daun.
"Jadi tadi saya bilang kelas MPV itu masih bread and butter-nya industri otomotif Indonesia. Tidak akan tergantikan. Saat ini masih 44% kontribusinya," pungkasnya.