,



Empat Besar Februari 2019 : Daihatsu Andalkan Model LCGC
Kontributor : luki, 28 Maret 2019

JAKARTA – Peta persaingan pasar mobil Indonesia masih di warnai oleh empat besar yang memimpin pasar, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi. Apa  model andalah Daihatsu?

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat model Sigra masih menjadi tulang punggung penjualan (wholesales) Daihatsu hingga Februari 2019 dengan total penjualan sebanyak 8.154 unit atau berkontribusi sebesar 26,2% dari total penjualan 31.074 unit.

Daihatsu justru mengandalkan Sigra yang tergolong dalam kendaraan LCGC (low cost green car). Baik penjualan wholesales maupun retail. Apalagi secara keseluruhan, Daihatsu masih masuk dalam jajaran tiga besar merek dengan penjualan terbanyak.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menilai bahwa capaian penjualan Januari dan Februari cukup baik.

"Kami bersyukur penjualan Daihatsu selama 2 bulan ini mendapat capaian yang cukup baik. Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan terbaik untuk Sahabat Daihatsu baik penjualan, maupun purna jual di seluruh Indonesia," ujarnya seperti dikutip Bisnis dari laman resmi ADM, pada Minggu (24/3/2019).

Sigra adalah sebuah mobil jenis MPV yang dirancang oleh  Daihatsu dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor di Indonesia sejak tahun 2016. Mobil ini didasarkan dari mobil konsep UFC-3 dari Daihatsu yang dipresentasikan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta dan berbagi platform dengan Agya dan Ayla.

Mobil ini menggunakan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan mesin 1 liter dengan kode 1KR-VE yang digunakan juga di Agya dan Ayla (digunakan di Sigra saja). Kode kedua mesin ini menggunakan akhiran -VE, bukan -FE karena kedua mesin ini dikembangkan secara khusus oleh Daihatsu dan juga digunakan di mobil produksinya yang lain, seperti Avanza dan Xenia pada 2015.

 

Source : bisnis.com, 28 Maret 2019

Write A Comment