,



Benarkah Mobil Listrik Hasilkan Emisi Setara Mobil Bensin?
Kontributor : luki, 28 Juni 2018

London - Mobil listrik disebut-sebut sebagai kendaraan paling ramah lingkungan daripada mobil bermesin bensin dan diesel. Mungkin itulah yang membuat mobil tenaga listrik ini dibanderol dengan harga tinggi.

Namun ternyata, berdasarkan riset terbaru, mobil listrik Tesla mungkin sama buruknya seperti mobil bensin dan diesel terhadap lingkungan karena menghasilkan CO2 setara dengan mobil bertenaga bensin.


Menurut para peneliti di penyedia data iklim yang berbasis di Inggris, Engaged Tracking, produksi mobil Tesla serta pembangkit listrik dengan tenaga bahan bakar fosil yang digunakan untuk mengisi tenaga baterai mobil listrik menghasilkan jumlah emisi yang hampir sama dengan mobil bermesin konvensional.

Analis di Inggris melakukan penelitian menggunakan pendekatan yang berbeda untuk studi yang biasanya melahirkan hasil yang menguntungkan untuk kendaraan listrik. Mereka mengeksplorasi total emisi yang dihasilkan selama proses produksi Tesla Model S, bukan menghitung berapa banyak CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan selama mobil dioperasikan. Hasil yang mengejutkan menunjukkan bahwa mobil listrik Tesla tidak lebih bersih daripada mobil bensin lain, setidaknya di Inggris.

"Emisi tahunan mobil Inggris adalah 1,5 ton karbon dioksida, berdasarkan rata-rata 7.800 mil per tahun, dan kendaraan Tesla Model S yang kami analisis memiliki emisi yang sama dengan mobil bensin biasa sebesar 1,5 ton CO2 per tahun." kata kepala analis firma riset, Jonathan Harris kepada The Sunday Times. 

Peneliti juga membandingkan Tesla Model S dengan BMW i3, yang lebih kecil dan menghasilkan setara emisi tahunan 1,3 ton CO2, membuatnya 15 persen lebih efisien daripada Tesla Model S.


Sementara itu pihak Tesla membantah, perbandingan antara Model S dan mobil pada umumnya itu tidak adil, karena Tesla jauh lebih besar. Perusahaan mengatakan bahwa BMW i3 harus dibandingkan dengan mobil yang lebih kecil seperti Tesla Model 3. Sementara Model S harus bersaing dengan kendaraan seperti Mercedes S-Class S500. Tesla mengklaim Mercedes menghasilkan hampir 300 persen lebih banyak emisi dibandingkan dengan Model S.

"Tidak masuk akal untuk membandingkan Model S dengan angka emisi tahunan rata-rata untuk mobil di Inggris, karena rata-rata itu mencakup banyak model yang lebih kecil yang berbeda dengan Model S," kata Tesla. 

"Analisis yang adil menunjukkan bahwa kendaraan listrik seperti Model S dan Model 3 menghasilkan CO2 jauh lebih sedikit daripada mobil bertenaga bensin yang sebanding." pungkas Tesla. (rgr/ddn)

 

Sumber: detik.com, 28 Juni 2018

Write A Comment