,



Ini Alasan Honda Vario Terbaru Tidak Punya Engkol
Kontributor : luki, 16 April 2018

Jakarta - Perubahan paling terlihat dari Honda Vario terbaru adalah absennya engkol atau kick starter. Tentu ini bukan tanpa alasan, karena menurut PT Astra Honda Motor (AHM) engkol alias kick starter sudah tidak kekinian lagi.
Marketing Director AHM Thomas Wijaya menuturkan tren motor di dunia khususnya skutik tidak lagi ada kick starter atau engkol. Berdasarkan surveinya pun, konsumen Indonesia tidak membutuhkan fitur itu.

"Itu terjadi karena kami mengikuti tren motor dunia seperti big bike, sport hingga skuter besar yang sudah tidak ada kick starter. Lalu survei masyarakat yang memakai kick starter juga menurun dan berkurang. Nah secara psikologi memang membawa perasaan lebih aman. Tapi sekali lagi, secara survei menurun pengguna kick starter," ucap Thomas kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

"Lalu, penggunaan kick starter juga sebenarnya merupakan perubahan layout dari kami untuk pasang smart key. Nah karena itu layout motor kita jadi berbeda. Sehingga engkol tidak diperlukan," tambahnya.

Namun tenang saja, untuk mendukung agar motor tidak mogok karena akinya soak (sehingga pakai engkol atau kick starter), Vario terbaru sudah dilengkapi indikator baterai di speedometernya. Sehingga penggunanya bisa mengira-ngira jikalau aki harus diganti sebelum mogok.

"Dengan adanya indikator baterai yang terpasang di speedometer bakal membuat konsumen lebih aware dan aman, kapan sih periode baterai akan habis, dan seperti apa. Jadi tidak perlu khawatir lagi dari penghilangan kick starter ini," ucap Thomas.

Dengan alasan tersebut, siap-siap bahwa semua motor Honda akan tidak memiliki engkol lagi.

"Iya ini kita letakkan di Vario ke atas. Kita masih studi untuk menghilangkan kick starter di motor Honda entry level (Mio, Beat, dan lainnya). Dan ingat, ini tidak memboroskan aki, ya. Karena akan ngecash setiap motor jalan," tutupnya. (ruk/lth)

Sumber: detik.com, 16 April 2018

Write A Comment